Apa Yang Harus Dilakukan Bila Kehilangan Passport

Copas dari status Michael Surya

Minggu lalu kami Tertimpa musibah di Malaysia. Kami kecopetan sehingga kehilangan Passport di negeri Orang, banyak sekali yang ber empati ataupun juga menanyakan apa langkah2 prosedural yang harus di lakukan jika kehilangan Passport. Maka saya Coba untuk berbagi pengalaman saya disini.

1. Pastikan anda membuat Copy Passport anda (bagian Biodata yang tertera nomer passport) sebelum anda berangkat. Boleh di foto, boleh di copy. Masukan di beberapa tempat seperti koper, dan ransel.

2. Simpan Boarding Pass anda. Jangan di buang. Karena akan di jadikan bukti anda masuk di negara tersebut.

3. Lapor ke kantor polisi khusus Turis. Kalo di Malaysia namanya “Balai Polis Pelancong” dengan syarat anda harus punya copy identitas Passport baru laporan akan di proses.

4. Minta laporan di buat rangkap 4 lembar dan di LEGALISIR sesuai aslinya. 1 untuk berkas untuk polisi, 1 berkas untuk pegangan kita, 1 untuk Kedutaan, 1 untuk Imigrasi negara Tersebut.

5. Segera lapor ke KBRI (Kedutaan Besar Republik Indonesia). Waktu itu kejadian saya sore hari. Sehingga harus extend dulu semalam baru besok pagi buat laporan. Datang sepagi-pagi nya untuk ambil nomer Antrian. Ikuti Alurnya. Serahkan copy document (surat laporan kepolisian, copy passport, dan Boarding pass)

6. Membayar biaya pembuatan Passport sementara atau SPLP (Surat Perjalanan Laksana Passpor) kita akan dapat passport sementara yang berlaku untuk 1 tahun. Dan berlaku di seluruh dunia. Laporan tidak langsung Approved, harus menunggu approval dari Jakarta dulu tentang di izin kan atau tidak. (in case kalo orang yang memohon ini ternyata bermasalah) setelah approved baru kita bisa terima SPLP.

7. Foto copy lagi SPLP yang baru di terbit kan tersebut untuk di bawa ke imigrasi.

8. Setelah slesai urusan di KBRI, kita menuju ke Kantor Pusat Imigrasi di negara tersebut. (dalam kasus saya, Malaysia. Terletak di Putra Jaya)

9. Siapkan dokumen dari KBRI. Berkas akan di Cek kebenaran nya. Data terlihat lengkap disana. Mulai masuk negara itu jam berapa dll.

10. Pindah loket untuk verifikasi fisik. Mata, sidik jari dll. Setelah selesai kita di minta menunggu untuk pencetakan check out permit.

11. Serahkan Copy SPLP dan printout tiket pulang. Berkas akan di verifikasi oleh petugas.

12. Membayar sejumlah uang untuk checkout permit di negara tersebut.

13. Begitu slesai, surat Check out Permit sudah ditangan. Selanjut nya anda boleh pergi meninggalkan negara tersebut.

14. Pastikan anda sampai di bandara 4 jam sebelum keberangkatan. Karena tetap ada verifikasi ulang, pada saat antri imigrasi. Surat checkout permit akan di ambil oleh petugas imigrasi bandara. Jadi jangan mepet ke bandara karena perlu banyak waktu disana.

15. SELESAI! Anda bebas Pulang ke Negara Tercinta Indonesia!

Musibah bisa terjadi dimana saja, kapan saja, dan pada siapa Saja. Semoga dengan tulisan ini bisa membantu anda apabila terjadi masalah yang sama kelak.

Silahkan Share atau save Tulisan ini bagi yang membutuhkan.

Jangan Panik Jangan Takut Jangan Gundah. Rezeki adalah pemberian Allah, Musibah terjadi pada kita juga atas Izin Allah. Berserah diri saja dan memohon yang terbaik.

Semoga kita semua di jauhkan dari bala dan bahaya. Semoga kita semua di naungi rezeki halal dan berlimpah, semoga kita selalu sehat walafiat. Amiiiinnnnn n YRA.

Best Regards

Michael Surya

Leave a Reply