Bir di Mini Market

Beberapa hari yang lalu, saya mampir ke sebuah mini market di dalam Kota Wisata Cibubur.

Pertama kali masuk, saya terkejut, karena pas di rak tengah, dekat dengan susu kemasan, di pajang secara demonstratif belasan kaleng dan botol bir dari dua merk yang berbeda. Seingatku, tidak pernah ada mini market yang menjual bir (atau mungkin memang menjual?). Bir hanya di jual di supermarket besar seperti carefour dan hypermart, tidak di mini market.

Menurut saya, bir atau minuman yang mengandung alkohol lainnya, sangatlah tidak pantas untuk di jual bebas di dalam minimarket, apalagi biasanya minimarket ada di dalam perumahan.

Apakah ada tanggung jawab moral dari pihak mini market untuk tidak menjual bir kepada anak di bawah umur? Seperti anak SMP dan SMA. Apalagi biasanya mini market biasa di kunjungi oleh anak-anak. Penempatan botol bir secara demonstratif apalagi dekat dekat dengan susu kemasan, tentu sedikit banyak berkata kepada anak-anak kalau bir adalah sesuatu yang umum, yang lumrah.

Mungkin perlu dipikirkan kembali perijinan menjual minuman ber alkohol di dalam mini market.

Dan tentunya, kita bisa memilih akan belanja di mini market yang mana? Yang menjual minuman ber alkohol atau yang tidak?

Leave a Reply