Hal-hal tentang Libya yang tidak banyak di ketahu oleh dunia luar

,

Selama ini mungkin kita hanya mendengar berita-berita yang buruk saja tentang Libya dan Khadafi. Dengan ter-isolasi-nya Libya akibat boikot yang di lakukan oleh negara barat dan sekutunya, maka berita yang adil dan benar pun akan susah untuk di dapatkan.

Ini hanya sedikit berita yang baik tentang Libya dan Khadafi, yang mungkin hanya sedikit dari kita yang tau. Membaca list di bawah ini, saya menjadi terenyuh, ternyata Khadafi tidak seburuk yang mereka beritakan selama ini.

 

  1. Gratis listrik di Libya.
  2. Pinjaman di bank tidak di kenakan bunga, alias bunganya hanya 0% rupiah saja. Semua bank di Libya di miliki oleh negara.
  3. Rumah adalah hak untuk warga Libya. Khadafi pernah bersumpah, kalau orang tua dia tidak akan tinggal di rumah sampai semua orang di Libya memiliki rumah. Ayah Khadafi meninggal ketika dia, istrinya, dan ibunya masih tinggal di dalam tenda.
  4. Pengantin baru di Libya akan menerima 60,000 dinar (USD 50,000) dari pemerintah untuk membeli rumah atau apartment baru, sehingga membantu untuk membangun keluarga baru.
  5. Gratis biaya pendidikan dan kesehatan. Sebelum Khadafi hanya 25% penduduk Libya yang bisa membaca, sekarang sudah mencapai 83%.
  6. Kalau ada penduduk Libya yang ingin menjadi petani, maka dia akan di berikan tanah pertanian, rumah, peralatan tani, biji-bijian dan perbekalan untuk membantu mereka memulai pertanian.
  7. Bila orang Libya tidak bisa mendapatkan fasilitas pendidikan atau kesehatan yang mereka butuhkan di Libya, maka pemerintah akan mendanai mereka untuk keluar negeri, dan di tambah dengan biaya akomodasi USD 2,300 / bulan.
  8. Bila orang Libya membeli mobil, maka pemerintah akan menangung 50% dari harga mobil.
  9. Harga bensin di Libya hanya USD 0.14 / liter. (Rp1,250,- saja)
  10. Libya tidak punya hutang luar negeri sama sekali, dan memiliki simpanan USD 150 millyar.
  11. Bila orang Libya sesudah lulus sekolah tidak bisa mendapatkan pekerjaan, maka pemerintah akan memberikan gaji rata-rata sesuai dengan sekolah nya sampai dia mendapatkan pekerjaan yang tetap.
  12. Sebagian hasil dari penjualan minyak, di bagikan langsung ke semua rekening bank orang Libya.
  13. Ibu yang melahirkan anak, akan mendapatkan uang sebesar USD 5,000.
  14. Harga 40 potong roti di Libya adalah USD 0.15 saja.
  15. 25% penduduk Libya adalah sarjana.
  16. Kadhafi membangun irigasi terbesar di dunia, di kenal dengan nama “The Great Man-Made River Project“, dengan tujuan utama adalah menyediakan air di seluruh gurun Libya.

Apakah Libya akan menjadi lebih baik dengan jatuhnya Kadhafi? Hanya waktu yang bisa menentukan.

by

Leave a Reply