Hiduplah Indonesia Raya

,

Tidak pernah sebelumnya saya merasa bangga denqan pasukan sepak bola tim nasional Indonesia.

Kali ini saya benar-benar bangga.

Walaupun dengan acak adulnya kepengurusan PSSI ditambah dengan ngototnya seseorang untuk tetap berada di pengurusan PSSI walau banyak pihak dari dalam dan bahkan luar negri meminta dia mundur, tim nasional Indonesia mampu bangun dari keterpurukan dan mampu menjadi tim yang di perhitungan di daerah regional bahkan mungkin internasional.

Baik pemain lokal seperti Firman, Bepe dan pemain hasil naturalisasi seperti Gonzales telah menunjukan perjuangan kerasnya untuk mampu mengalahkan tim-tim lain. Sikap ngotot mulai di tunjukan oleh mereka yang biasa nya jarang terjadi sebelumnya.

Hal ini juga tidak lepas dari pelatih yang pelit senyum, tapi sangat menujukan kelasnya dalam melatih pasukan tim nasional.

Sangat di sesalkan pemberitaan oleh media yang hanya terfokus oleh salah seorang pemain, dan tidak menyeluruh kesemua tim. Seakan-akan keberhasilan tim nasional hanya keberhasilan dia semata.

Saya sempat malu ketika membaca ketika SBY menanyakan asal dari Gonzales, dan di jawab dengan pasti oleh Gonzales, dari Indonesia. Kelihatan seorang Gonzalez lebih nasionalis dari kebanyakan kita.

Kalah atau menang adalah hal yang biasa, yang membedakannya adalah bagaimana cara kita menuju kesana.

Hiduplah Indonesia Raya.

Posted from WordPress for Android

by

Leave a Reply